Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Jumat, 04 November 2011

STRUKTUR ORGANISASI

NIM     : 10390100001
NAMA : Abd. Rosyid

       Merupakan suatu pembagian,  pengelompokan dan pengordinasian tugas-tugas atau pekerjaan di antara para anggota organisasi, agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien
          Kerangka kerja organisasi dinamakan sebagai Desain Organisasi.
          Bentuk Spesifik dari kerangka kerja organisasi dinamakan dengan Struktur Organisasi.
          Stuktur Organisasi pada dasarnya merupakan desain organisasi dimana manajer melakukan alokasi sumber daya organisasi, terutama yang terkait dengan pembagian kerja dan sumber daya yang dimiliki organisasi, serta bagaimana keseluruhan kerja tersebut dapat dikordinasikan dan dikomunikasikan.
Tujuan Struktur Organisasi
         Membagi pekerjaan yg harus dilakukan ke sejumlah departemen
         Membagi-bagi tugas dan tanggung jawab yg berkaitan dengan masing-masing pekerjaan
         Mengkoordinasikan berbagai tugas organisasi
         Membangun hubungan antar individu, kelompok dan departemen
         Menetapkan garis wewenang
         Mengalokasikan dan menggunakan secara efektif sumber daya organisasi
Faktor – factor yang mempengarui struktur organisasi
         Strategi Organisasi
Strategi akan menjelaskan bagaimana aliran wewenang dan saluran komunikasi disusun diantara para manajer dan bawahan.
         Skala Organisasi
Besarnya organisasi berpengaruh terhadap pembuatan struktur organisasi
         Teknologi
Perbedaan teknologi yg digunakan untuk memproduksi barang-barang atau jasa akan membedakan bentuk struktur organisasi.
         Lingkungan
Unsur-unsur dalan Struktur Organisasi
         Pembagian kerja (division of work) / Spesialisasi Kerja
         Pengelompokan Pekerjaan (Departmentalization)
         Penentuan relasi antar bagian dalam organisasi (hierarchy)à rantai komando, rentang kendali
         Formalisasi
Bentuk-bentuk organisasi dapat dibedakan atas :
1.      Organisasi Garis
Merupakan bentuk organisasi tertua dan paling sederhana, diciptakan oleh Henry Fayol. Ciri-ciri bentuk organisasi ini yaitu organisasi masih kecil, jumlah karyawan sedikit dan saling mengenal serta spesialisasi kerja belum tinggi.
2.      Organisasi Garis dan Staf
Dianut oleh organisasi besar, daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit dan jumlah karyawannya banyak. Staf yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu, yang tugasnya memberi nasihat dan saran dalam bidang kepada pejabat pemimpin didalam organisasi.
3.      Organisasi Fungsional  
Organisasi yang disusun atas dasar fungsi yang harus dilaksanakan. Organisasi ini dipakai pada perusahaan yang pembagian tugasnya dapat dibedakan dengan jelas.
4.      Organisasi Panitia
Organisasi dibentuk hanya untuk sementara waktu saja, setelah tugas selesai maka selesailah organisasi tersebut.

file bisa download di Sini 
Semoga bermanfaat