Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 28 April 2013

Manipulasi Data

Manipulasi Data
          Manipulasi data pada SQL digunakan untuk mengolah data pada table yang telah dibuat sebelumnya. Manipulasi data terdiri dari pernyataan insert, delete dan update. Pernyataan insert digunakan untuk menambah data dalam table, pernyataan delete digunakan untuk menghapus data, sedangkan pernyataan update digunakan untuk merubah nilai data.
  1. Insert
    Perintah Insert digunakan untuk memasukkan data pada tabel yang telah kita buat. perintah Insert ini selalu bergandengan dengan perintah Into dan Values. Misal kita akan memasukkan 1 nama pada tabel Pegawai yang kita buat. perintahnya adalah :
    Insert Into pegawai Values (1, 'Paiman', 'Bluru') ; 
    Insert Into pegawai(no, nama, alamat) Values (1, 'Paiman', 'Bluru') ; 
    keterangan :
    di bawah perintah Insert Into Pegawai, itu merupakan printah untuk memanggil kolom-kolom apa aja yang akan kita isi datanya.
    di bawah perintah Values, merupakan perintah untuk pengisian data. urutan dalam pengisian data, sesuai dengan kolom-kolom yang kita panggil.
  2. Update
    Perintah Update digunakan untuk merubah data-data yang berada di dalam tabel. terkadang banyak siswa yang berpendapat bahwa perintah Update penggunaannya sama dengan Alter. penggunaan perintah Update ini sangat berbeda dengan penggunaan perintah Alter. Perintah Alter digunakan untuk merubah struktur tabel, sedangkan Update digunakan untuk merubah data yang berada dalam tabel.
    Contoh, tadi kita sudah memasukkan 1 data yaitu : Paiman yang beralamatkan di Bluru. kita ingin merubah alamatnya menjadi Sidoarjo, cara’nya :
    Update Pegawai
    set alamat = 'Sidoarjo' where no = 1 ; 
    Keterangan :
    • setelah kita ketik perintah Update disitu kita tentukan tabel mana yang akan di rubah datanya (dalam hal ini kita menggunakan tabel Pegawai).
    • selanjutnya perintah set, perintah tersebut selalu mengikuti perintah Update, maksud dari perintah set adalah tempat kita menentukan data yang baru.
    • yang terakhir, perintah where no = 1, disini kita menentukan data yang mana yang akan kita ubah.
    Jadi, bila diringkas, step-step untuk merubah data adalah :
    1. Ketik perintah Update
    2. tentukan tabel mana yang akan d ubah datanya
    3. tentukan data baru yang akan dimasukkan (dengan perintah set
    4. tentukan data lama yang akan kita ubah (dengan menggunakan perintah Where).
  3. Delete
    Perintah Delete digunakan untuk menghapus data-data yang berada di dalam tabel. Apabila kita sudah tidak menggunakan beberapa data atau semua data, kita bisa menghapusnya dengan perintah delete. Perintah Delete di bagi menjadi 2, yaitu :
    1. Perintah Delete dengan mengunakan where. Apabila menggunakan Where, perintah Delete disini berarti menghapus data yang kita pilih. Bisa 1 per 1, atau 2 data sekaligus kita hapus.
      contoh penggunaan :
      delete from pegawai
      where no = 1; 
      keterangan : arti dari perintah tersebut adalah, kita akan menghapus data yang berada di tabel pegawai, dimana yang mempunyai no = 1
    2. Perintah Delete tanpa Where. Bila tanpa Where, perintah delete berarti menghapus semua data pada tabel. contoh perintahnya :
      delete from pegawai ; 
  4. Select
    Perintah Select digunakan untuk melihat data-data yang berada di dalam tabel. Di bawah ini merupakan contoh-contoh penggunaan perintah Select :
    1. Select * from Pegawai, artinya, kita akan menampilkan semua data yang ada pada tabel Pegawai.
    2. Select nama from pegawai, artinya, kita akan menampilkan data yang berada di dalam kolom “nama” pada tabel Pegawai.
    3. Select no, nama from pegawai, artinya, kita akan menampilkan data yang berada di dalam kolom “No” dan kolom “nama” pada tabel Pegawai.
    4. Select Concat
      Select Concat digunakan untuk menggabungkan 2 string. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut

      dari gambar tersebut, terlihat ada kolom “nama_dpn” dan “nama_blkg”, untuk menggabungkan isi dari 2 kolom tersebut, kita menggunakan perintah “Select Concat”. contoh perintahnya adalah :
      select concat (nama_dpn, ' ', nama_blkg) as nama_lengkap from pegawai ;  
      Keterangan :
      (nama_depan, ‘ ‘, nama_blkg) adalah perintah penggabungan string yang berada di kolom “nama_depan” dan “nama_blkg”.
      sedangkan perintah as nama_lengkap adalah perintah pemberian nama alias. “nama_lengkap” disini adalah nama kolom baru setelah 2 kolom tersebut di atas sudah digabungkan.
      sehingga hasilnya adalah seperti di bawah :
      • misal kita ingin menampilkan yang mempunyai id = 1, perintahnya select * from pegawai where id=1 ;
      • misal kita ingin menampilkan orang yang bernama andi, perintahnya select * from pegawai where nama_depan=’andi’ ;
 Sumber : http://arisembek.wordpress.com/2010/11/25/manipulasi-data/

0 komentar:

Posting Komentar