Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 14 September 2011

5 Macam – macam sistem operasi

Nama :  Abd. rosyid    Nim    : 10390100001

Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer. Ada 5 (lima) macam sistem operasi yang biasanya sering digunakan di komputer .

5 Macam – macam sistem operasi 

1.       DOS
Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kalau mau mencobanya bisa lewat Start Windows – Run, lalu ketik cmd.

2.      Sistem Operasi Berbasis Windows
Pasti sistem operasi ini banyak diketahi semua kalangang terutama yang bercimpung di biadanga TI, sistem operasi ini adalah sebuah sistem operasi yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan Amerika yang bernama Microsoft. Sistem operasi adalah sistem dasar untuk mengoperasikan sebuah alat elektronik Karena merupakan sistem dasar, kita bisa menambahkan program-program atau aplikasi lain untuk melengkapi sistem operasi. Misalnya, untuk membantu proses tulis-menulis orang menambahkan program Microsoft Word / Excell, dan untuk membantu proses editing suatu foto, orang memasang program Adobe Photoshop.

3.      Sistem Operasi Berbasis Linux
Sistem operasi ini sangat terkenal dikarenakan operasi sistem tersebut berupa open source. Linux adalah nama yang diberikan sistem komputer bertipe unix Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas terbuka dan sumber utama terbuka.

4.     Mac OS, 
      adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh.

 5. FREE BSD
     Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T. FreeBSD berjalan di atas sistem intel x86. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan.



 

0 komentar:

Posting Komentar