Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 19 Oktober 2011

Manajemen Sumber daya Manusia

Nim: 10390100001
Nama: Abd. Rosyid

Materi I
Kebijakan dan praktik yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan aspek “orang” atau sumber daya manusia dari posisi seorang manajemen, meliputi perekrutan, penyaringan, pelatihan, pengimbalan, dan penilaian. Rancangan sistem formal dalam sebuah organisasi umanusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi untuk memastikan penggunaan bakat.
Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan  pengontrolan sumber dayan berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efesien.

Pengertian Efektif dan Efesien
Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan.
Efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Mengapa Perlu Manajemen?
1. Mencapai tujuan
2. Menjaga keseimbangan diantara tujuantujuan
yang saling bertentangan
3. Mencapai efisiensi dan efektivitas

Sumber daya
  1. Men 
  2. Money 
  3. Machine 
  4. Material 
  5. Method 

Organization

          Organisasi adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional.
Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah
1.      Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
2.      Adanya kerja sama
3.      Adanya tujuan
4.      Adanya sasaran
5.      Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati 
6.        Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

Fungsi manajemen

Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

  1. Perencanaan (planning) adalah Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. 
  2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
  3. Penggerak (Actuating) adalah menggerakan orang untuk melaksanakan aktifitas organisasi sesuai dengan tujuan yang diharapkan.j
  4. Controlling (Pengendalian) Suatu proses pemantauan prestasi pengambilan tindakan untuk menjamin yang diharapkan.
4
 Materi bisa di download di : Sini 
Semoga bermanfaat

0 komentar:

Poskan Komentar