Nama: Abd. Rosyid
Materi I
Kebijakan dan praktik yang dibutuhkan
seseorang untuk menjalankan aspek “orang” atau sumber daya manusia dari posisi
seorang manajemen, meliputi perekrutan, penyaringan, pelatihan, pengimbalan,
dan penilaian. Rancangan sistem formal dalam sebuah
organisasi umanusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi
untuk memastikan penggunaan bakat.
Kata
Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang
memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. manajemen sebagai sebuah proses
perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber dayan berarti bahwa
seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai
tujuan organisasi secara efektif dan efesien.
Pengertian Efektif dan Efesien
Efektif berarti
bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan.
Efisien berarti
bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan
jadwal.
Mengapa
Perlu Manajemen?
1. Mencapai tujuan
2. Menjaga keseimbangan
diantara tujuantujuan
yang saling bertentangan
3. Mencapai
efisiensi dan efektivitas
Sumber daya
- Men
- Money
- Machine
- Material
- Method
Organization
Organisasi adalah kumpulan dari dua
orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan telibat pada suatu aktifitas
serta tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional.
Adapun
ciri-ciri dari organisasi adalah
1.
Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
2.
Adanya kerja sama
3.
Adanya tujuan
4.
Adanya sasaran
5. Adanya
keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
6. Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi
tugas-tugas
Fungsi manajemen
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.
- Perencanaan (planning) adalah Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan.
- Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
- Penggerak (Actuating) adalah menggerakan orang untuk melaksanakan aktifitas organisasi sesuai dengan tujuan yang diharapkan.j
- Controlling (Pengendalian) Suatu proses pemantauan prestasi pengambilan tindakan untuk menjamin yang diharapkan.
4
Materi bisa di download di : Sini
Semoga bermanfaat
0 komentar:
Posting Komentar